Tips Perawatan Mata Agar Tetap Sehat



 Mata adalah jendela dunia. Dengan mata berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dengan lebih mudah. Untuk itu menjaga kesehatan mata menjadi prioritas utama bagi kita. Apalagi kalau kita sering bekerja dengan layar digital dalam waktu cukup lama.

 Tips untuk menjaga kesehatan mata: 

 1. Sering melihat layar digital dalam waktu lama 

 Sering bekerja di depan layar digital dapat membuat mata anda cepat lelah dan kering. Untuk dapat mempraktikan aturan 20-20-20 yang telah disepakati oleh para ahli sebagai cara untuk menjaga mata tidak terlalu tersiksa. Setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat kejauhan sejauh 20 kaki.

 2. Gunakan kacamata pelindung mata 

 Jika anda bekerja dengan bahan-bahan kimia atau alat-alat yang membahayakan mata maka sebaiknya anda menggunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari trauma fisik atau kimia yang dapat menyebabkan kebutaan.

 3. Gunakan kacamata surya 

 Radiasi matahari dapat menyababkan katarak pada mata berkembang lebih cepat. Untuk itu jika anda berada di luar ruangan gunakanlah kacamata surya yang melindungi anda dari UV-A dan UV-B.

 4. Makanan sehat untuk mata 

 Kesehatan mata dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel saraf dan juga pembuluh darah. Untuk itu makanan-makanan yang baik untuk kesehatan aliran darah juga dapat dikonsumsi seperti buah-buahan sayuran hijau gelap dan gandum. Makanan tinggi kandungan zinc seperi kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas dapat melindungi mata dari kerusakan karena cahaya. Vitamin A membantu sel-sel penglihatan.

 5. Rawatlah kontak lensa anda 

 Jaga kebersihan kontak lensa, selalu perhatikan kebersihan tangan saat memakai kontak lensa dan jangan memakai kontak lensa saat tidur. Gunakan cairan kontak lensa yang sesuai dengan tanggal kadaluwarsa dari cairan dan kontak lensa anda. 

6. Perhatikan dengan seksama rias mata anda 

 Sebaiknya jangan gunakan riasan mata yang sudah berusia lebih dari 3 bulan. Terutama dalam bentuk cairan atau krim seperti misalnya mascara. Selalu gunakan riasan mata dalam keadaan bersih dan bersihkan kembali riasan mata dengan seksama sebelum tidur.

Comments

  1. terimakasih infonyah sanagt bermanfaat.
    http://bit.ly/2SHcv3Q

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Fakta Berbahaya Tentang Demam Berdarah

Dampak Negatif Akibat Terlalu Sering Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri Haid

Cara Mudah Mengatasi Hidung Tersumbat