Fakta Berbahaya Tentang Demam Berdarah

Apa itu demam berdarah? 

Demam beradah atau yang biasa disebut dengan DBD adalah demam yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti. Ada 4 serotipe virus dengue (DENV) yaitu terdiri dari -1,-2,-3 dan -4. Infeksi dari virus tersebut dapat berupa demam, pusing, nyeri pada bola mata, otot, sendi, dan mengalami ruam. Orang yang terinfeksi virus dengue lebih cepat merasa lelah dalam jangka panjang. Virus dengue dapat berkembang dan mengancam jiwa yang terkena virus dengue, dapat mengakibatkan nyeri perut dan muntah, terjadi penurunan trombosit yang mengakibatkan pendarahan internal dan kesulitan bernapas. 

Bahaya Demam Berdarah


Untuk penyakit demam berdarah sendiri dapat ditemukan di daerah tropis dan sub-tropis, terutama di area urban dan semi-urban. Sampai saat ini belum ada penanganan demam berdarah secara spesifik. Namun, WHO sudah mengembangkan vaksin untuk demam berdarah pada bulan April 2016. Fungsi vaksin tersebut untuk mencegah terjadinya fase ke-2 demam berdarah. 

Bagaimana Virus Dengue Menyebar? 

Virus dengue disebarkan melalui infeksi gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk tersebut menggigit orang yang sebelumnya telah terinfeksi virus dengue. Untuk gejala pendarah berlangsung setelah terjadi demam selama 3-7hari. Dan demam tinggi dapat berlangsung selama 5-6 hari (39-40 C) demam turun pada hari ketiga atau keempat namun akan kembali demam lagi. 

Fase Demam Berdarah 
Ada tiga tahapan yang dilalui untuk demam beradarah, yaitu : 

1. Fase demam 
Adanya virus dalam aliran darah yang menyebabkan demam tinggi. Tingkat verminia dan demam biasanya sangat erat antar satu dengan lainnya. Kehadiran virus dengue yang tertinggi ialah tiga atau empat hari setelah demam muncul. 

2. Fase kritis 
Terdapat berbagai macam kebocoran plasma dengan secara tiba-tiba ke dalam rongga perut dan pleura.pasien menunjukkan tanda-tanda penyempitan intravaskuler, syok, dan pendarahan hebat. Sehingga harus segera dirawat di rumah sakit. 

3. Fase penyembuhan 
Ketika kebocoran plasma berhenti, seiring dengan reabsorpsi plasma dan cairan. Indicator yang menunjukkan masuknya fase penyembuhan, yaitu kembalinya nafsu makan, stabilnya tanda-tanda vital (tekanan darah nadi melebar, denyut nadi terasa kuat), meningkatnya urin, kadar hematokrit kembali normal dan pemulihan ruam yang disebabkan dengue. 

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Daun Kemangi

Berbagai Metode Pengawetan Makanan Secara Alami